rss
email
twitter
facebook

Kamis, 23 September 2010

S.M.A.R.T.



Ok, kemarin Dini udah janji untuk sharing mengenai manajemen waktu. Waktu, emang nggak bisa diberentiin terus jalan dan nggak bakalan nungguin kita klo kita leha-leha. Salah satu hal yang bisa kita lakukan adalah mulai kerjakan, lakukan. Trik yang bisa dilakukan pertama kali dalam manajemen waktu adalah menentukan TUJUAN. Sudah punya tujuan? belum? Nggak masalah, kamu bisa mulai dari saat ini. Tujuan itu terbagi-bagi, tujuan jangka panjang, menengah dan pendek. Sebelum kamu menentukan tujuan yang akan kamu raih, ini beberapa hal yang bisa dijadikan panduan.

S.M.A.R.T

S = Spesific
tujuan kamu harus jelas, tidak ambigu.

M = Measurable
dapat diukur, contohnya kenaikan penjualan dari 10% dalam 3 bulan dengan cara menambah jam kerja.

A = Achievable
tujuan yang kamu tentukan itu sebaiknya yang jelas-jelas bisa dicapai sesuai dengan kapasitas diri kamu, contohnya tujuan kamu adalah meningkatkan waktu belajar kamu dari satu jam sehari menjadi dua jam sehari.

R = Realistic
nggak ngawang-ngawang. Seorang polisi perempuan tiba-tiba pingin jadi bidan. (bisa aja, namun memerlukan waktu yang lebih lama atau perlu proses).

T = Time bound
ada target waktunya, contohnya satu bulan, satu semester, satu tahun, dll.

sudah ada ide, tulis sekarang juga jangan tunda lagi.. next, kita obrolin tentang tujuan jangka panjang, menengah dan pendek.

~DN~

0 komentar:

Posting Komentar